BPD Bersama Pemerintah Desa Dono Gelar Musrenbangdes 2021

Dengan berakhirnya musdus, BPD dan Pemdes Dono menggelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2021 pada Jumat 24 Januari 2020.Bertempat di Balai Desa Dono, Forum Musrenbangdes ini dihadiri oleh kurang lebih 100 undangan dari berbagai elemen masyarakat. Forum ini juga dihadiri oleh Babinkantibmas, Babinsa, dan Tim Monitoring Kecamatan Sendang.

Musrenbangdes sendiri adalah agenda tahunan Desa Dono setiap awal tahun, sebagai wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat desa, menuju Desa Dono yang lebih baik. Sebagai tindak lanjut dari Musrenbangdes yang dilaksanakan, usulan-usulan yang telah disampaikan kemudian akan di pilah untuk usulan yang langsung di danai oleh desa melalui APBDes maupun diusulkan dalam Musrenbang pada tingkat kecamatan untuk di danai dari Dana APBD maupun APBN. Berbagai aspirasi dipilah sesuai prioritas dan dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok infrastruktur, pendidikan, sosial budaya, dan perekonomian.

Bapak Hasan Bisri dan Bapak Yatno selaku tim monitoring kecamatan pada kesempatan ini menghimbau bahwa usulan perencanaan pembangunan tidak hanya pada pembangunan fisik, tetapi lebih pada pemberdayaan masyarakat. Hal ini disambut baik oleh Bapak Priyambodo yang juga memiliki strategi dalam peningkatan SDM warga Desa Dono, antara lain dengan mendelegasikan masing-masing satu warga dari setiap dusun untuk disekolahkan Hidroponik ke Bogor, selain itu Pak Sigit selaku Ketua BPD juga menyampaikan bahwa Desa Dono telah mempersiapkan pelatihan yang akan mulai berjalan tahun ini.

Dari hasil musrebangdes Desa Dono dihasilkan beberapa hasil penting, antara lain:

  1. Peningkatan SDM dengan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai pelatihan, yaitu pelatihan perikanan, tata kecantikan, pengolahan hasil pertanian, dan pemasaran produk
  2. Perbaikan sarana dan prasarana pendidikan di Desa Dono
  3. Pengadaan Embung air untuk cadangan petani di musim kemarau
  4. Perbaikan pengelolaan perairan ke rumah warga

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?