Puskesmas Dono Melaunching Posmaja (Posyandu Remaja) Di Desa Dono Sebagai Wadah Antisipasi Permasalahan Remaja

Sabtu, 18 Januari 2020 bertempat di Balaidesa Dono, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Dono menghadirkan  Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi remaja di desa Dono.

Posyandu remaja sendiri adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukkan kepada siswa dan remaja pada umumnya. Selain itu posyandu remaja ini juga mempunyai fungsi sebagai wadah untuk memberi remaja kesempatan berkembang sesuai dengan kebutuhan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis.

Agenda posyandu remaja yang dipertama ini dihadiri sekitar 50 remaja desa dono dengan kisaran usia 13-18 tahun.  Selain pemeriksaan kesehatan, berbagai kegiatan kreatif juga dilakukan untuk menambah minat para remaja mengikut posyandu. Seperti halnya ada senam kebuguran, games dan pembagian hadiah yang membuat para remaja semakin antusias.

Nantinya, posyandu remaja juga membuka sistem konseling. Sehingga remaja yang memiliki permasalahan bisa langsung datang dan menceritakan masalahnya pada konselor.

Pada agenda yang pertama ini dibentuk kader posyandu yang juga diambil dari peserta posyandu remaja. Selanjutnya juga dilakukan musyawarah mengenai kesepakatan waktu agenda posyandu bulan selanjutnya.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?