Melalui TP PKK Desa Dono, PKK Kabupaten Tulungagung Bersama Dinas Perikanan Luncurkan Bantuan Paket Ikan Kepada Balita Penderita Stunting

Dinas Perikanan bersama TP PKK Kabupaten Tulungagung melalui TP PKK Desa Dono membagikan bantuan sejumlah paket ikan dan olahan berbahan baku ikan untuk balita penderita stunting di Desa Dono pada Rabu, 25 Nopember 2020.
Pemberian bantuan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program Zero Stunting di Kecamatan Sendang khususnya Desa Dono. Stunting sendiri adalah kondisi ketika anak lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, atau dengan kata lain, tinggi badan anak berada di bawah standar. Standar yang dipakai sebagai acuan adalah kurva pertumbuhan yang dibuat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).
Perlu diketahui jumlah penderita stunting di Desa sejumlah 19 balita yang tersebar secara merata pada 6 dusun yang ada di Desa Dono. Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein.
Stunting pada anak bisa disebabkan oleh masalah pada saat kehamilan, melahirkan, menyusui, atau setelahnya, seperti pemberian MPASI yang tidak mencukupi asupan nutrisi.
Selain nutrisi yang buruk, stunting juga bisa disebabkan oleh kebersihan lingkungan yang buruk, sehingga anak sering terkena infeksi. Pola asuh yang kurang baik juga ikut berkontribusi atas terjadinya stunting. Buruknya pola asuh orang tua sering kali disebabkan oleh kondisi ibu yang masih terlalu muda, atau jarak antar kehamilan terlalu dekat.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?