SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN FORUM ANAK DESA DONO


21 Nopember 2020 bertempat di Balaidesa Dono, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk (PPPA) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Tulungagung melakukan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Anak Daerah Tingkat Desa yang diselenggarakan di Desa Dono. Dalam kegiatan kali ini, perwakilan dari PPPA adalah Dra. Nurul Hidayah M.kes dan perwakilan dari KB adalah Ibu Nova. Turut hadir Kepala Desa Dono beserta jajaran perangkat pemerintah desa Dono, Bapak Imam Suwoyo selaku Camat Sendang beserta istri, Pak Fuad selaku pendamping kecamatan, dan Bu Patmi selaku Ketua Penggerak PKK Desa Dono. Peserta sosialisasi dan pembentukan forum anak des aini tentu adalah anak-anak warga Desa Dono dengan kualifikasi usia 12 sampai dengan 18 tahun.
Bapak Priyambodo selaku Kepala Desa Dono dalam sambutannya menuturkan bahwa forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan. Forum anak sendiri dibentuk untuk menjembatani anak-anak dengan pemerintah. Oleh karena itu peran forum anak sangatlah penting, sehingga tidak hanya di tingkat daerah saja forum anak juga harus ada ditingkat desa. Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa akan dengan maksimal mendukung perkembangan potensi anak-anak yang ada di Desa Dono. Hingga saat ini, bentuk dukungan desa kepada perkembangan potensi anak desa adalah dengan adanya kegiatan posyandu remaja yang setiap bulan rutin dilakukan dan bertempat di Balaidesa Dono, adanya fasilitas WiFi di Balaidesa yang bisa diakses gratis selama 24 jam juga diharapkan menjadi hal yang dapat mendukung perkembangan potensi anak desa. Sehingga alasan pergi ke warung kopi atau tempat-tempat yang tidak jelas hanya untuk mencari WiFi guna mengerjakan tugas daring dari sekolah dapat diminimalkan. Dalam kesempatan ini, Pak Kades juga memberikan beasiswa kepada 12 siswa berprestasi yang kurang mampu guna memberikan semangat yang lebih untuk mereka tetap bisa berprestasi dan diharapkan juga dapat menjadi motivasi bagi anak-anak yang lain untuk menjadi lebih berprestasi.

Bapak Camat dalam kesempatan ini juga menambahkan bahwa forum anak dapat membentuk integritas anak. Karena kemampuan dapat dibentuk , diasah dan dimaksimalkan diharapkan forum anak dapat menjadi wadah untuk menggali dan mendukung potensi anak yang ada di desa sejak dini. Selain itu, diharapkan anak menjadi lebih mengenal dan mencintai desanya. Bapak camat berpesan, output dari pembentukan forum anak des aini adalah anak-anak dapat menjadi lebih ekspresif dan semangat untuk menampilkan potensinya dengan tetap menjadi adat ketimuran.
Selanjutnya, Bu Nova dalam sambutannya menuturkan bahwa forum anak dapat digunakan sebagai wadah untuk mengasah kemampuan komunikasi anak. Sehingga potensi dan intelektual yang dimiliki anak dapat disampaikan dan disalurkan dengan baik. Selain itu, pemanfaatan teknologi yang baik juga harus ditekankan sejak dini guna mendukung kualitas intelektual anak.



Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?