Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dalam Rangka Pembinaan APBDes

22 Nopember 2020, bertempat di Balaidesa Dono Pemerintah Desa Dono beserta BPD Desa Dono menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dalam Rangka Pembinaan APBDes. Turut hadir sebagai narasumber adalah Bapak Priyambodo selaku Kepala Desa Dono, Bapak Anas dari BPMD, dan Bapak Yatno selaku pendamping Kecamatan Sendang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan administrasi pemerintahan desa dan tata kelola pelaporan keuangan desa dalam meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa.Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan mendorong tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan serta melahirkan kader-kader desa yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik.
Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah yang terpenting adalah bagaimana pemerintahan desa mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat desa, dan mampu meningkatkan daya saing desanya(LAN-RI, 2009).Oleh sebab itu,peningkatan kapasitas aparatur desa dalam tata kelola administrasi pemerintahan desa menjadi hal yang sangat penting.Dalam hal ini, upaya bagi aparatur pemerintahan desa untuk mengikuti pelatihan administrasi pemerintahan desa perlu dilakukan.

(Hasanah, Budi dan Sururi, Ahmad. 2018. Peningkatan Kapasitas Apatur Pemerintahan Desa Dan Masyarakat Melalui Pelatihan Administrasi Pemerintahan Di Desa Sukamenak Kecamatan Cikuesal Kabupaten Serang: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 (2)).

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?